Sabtu, 05 Agustus 2017

Pahami Cara Upload Website Menggunakan 3 Tool Dasar

Pahami Cara Upload Website Menggunakan 3 Tool Dasar – Hallo sahabat lupacode semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini ? semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat serta berada didalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini admin akan sharing tutorial mengenai Tips praktis cara upload file ke hosting melalui cPanel menggunakan File Manager, FTP klien, dan file manager di cpanel. Karena sudah ada beberapa sahabat lupacode yang request meminta dibuatkan Tutorial mengenai Cara Melakukan Upload File / Website Ke Hosting.

Cara Melakukan Upload File / Website Ke Hosting

Baiklah pada malam hari ini, admin akan mulai menuliskan beberapa tips yang harus sahabat semua pahami dalam cara upload website menggunakan 3 tool dasar yang paling banyak digunakan dalam mengupload website ke sebuah hosting agar dapat di akses secara online dan dapat dilihat oleh siapa saja yang mengakses website kita. Tutorial ini akan membahas contoh umum cara upload website ke hosting menggunakan File Manager atau FTP klien dan file manager di cpanel.

Mengupload website ke hosting merupakan salah satu langkah paling awal yang harus sahabat semua lakukan untuk dapat mempublikasikan karya sahabat semua di Internet. Dalam tutorial ini akan dibahas contoh cara upload website paling umum menggunakan 3 tool dasar, yaitu File Manager dari Hostinger, aplikasi FTP dan File Manager dari cPanel.

Yang pertama yang sahabat semua butuhkan sebelum memulai adalah sebagai berikut :
  • Silahkan sahabat semua masuk kedalam Control Panel akun hosting yang sahabat gunakan. Jika sahabat ingin mencoba dengan hosting gratis, silahkan lihat Best Free Web Hosting 2017
  • Source Code Web / File Website ( Silahkan sahabat agar meng-compress terlebih dahulu file website tersebut kedalam format .zip .tar atau .gz agar lebih mudah dalam proses upload )
  • Aplikasi FTP dan detail login FTP dari akun hosting yang sahabat gunakan. (Opsional)

Cara Upload Website Menggunakan File Manager

Cara yang pertama yang dapat sahabat semua lakukan adalah dengan cara upload website menggunakan file manager adalah sebagai berikut :

*Pertama Buka bagian File di Control panel dan silahkan pilih File Manager

*Kedua buka direktori public_html, yang berada di root directory domain sahabat (contoh: http://www.domainsahabat.com/). File sahabat harus diupload di sana. Direktori juga bisa diganti tergantung dari URL mana sahabat ingin mengaksesnya. Jika sahabat ingin konten tampil di http://www.domainsahabat.com/web, maka konten sahabat harus diletakkan di dalam direktori public_html/web.
*Untuk mulai mengupload/insert file web sahabat, silahkan klik kanan pada mouse dan pilih Upload File. Kemudian, buka backup sahabat yang telah di-compress melalui bagian Select Files, klik Upload untuk melanjutkan dan tunggu proses transfer selesai.

*Untuk dapat meng-unzip / mengekstrak silahkan klik kanan dan pilih Extrack. Sahabat perlu memilih di direktori mana file akan diekstrak. Sebagai contoh, instalasi akan diupload ke direktori public_html.

Cara Upload Website Menggunakan FTP Client

Kemudian cara yang kedua yang sahabat dapat lakukan untuk mengupload website kita ke hosting adalah dengan menggunakan FTP Client. Ada pengguna yang lebih senang menggunakan aplikasi FTP / FTP client seperti FileZilla, SmartFTP, CoreFTP, dll, untuk mengupload file website-nya. Sebagai contoh, kita akan menggunakan FileZilla.

*Tahap pertama, sahabat semuanya perlu mempersiapkan detail login FTP sahabat. Silahkan sahabat semua lihat bagian detail akunnya di control panel pada bagian FTP Access.

Upload Website Menggunakan FTP Client

* Kemudian tahap kedua, silahkan buka FileZilla dan masukkan info detail login FTP sahabat semuanya ke kolom bagian atas, lalu klik Quickconnect.

Upload Website Menggunakan Filezilla

* Setelah sahabat semua terhubung ke server FTP, silahkan gunakan file browser di sisi kiri program untuk menemukan file website di komputer sahabat semuanya. Setelah sahabat menemukan file website-nya, gunakan file browser di sisi kanan untuk membuka direktori public_html di sisi server hosting. Setelah sahabat selesai, sahabat bisa drag-and-drop file dari sisi kiri ke kanan, agar langsung otomatis diupload ke server.

Setting akun ftp Upload Website Menggunakan Filezilla

*Terakhir, sekarang File website sahabat semuanya sudah diupload ke direktori public_html dan sekarang sahabat seharusnya sudah bisa mengakses website sahabat melalui URL website.

Cara Upload file website via File Manager di cPanel

Kemudian cara yang ketiga yang biasanya suka dilakukan adalah dengan Cara Upload file website via File Manager di cPanel. Yang pertaman, silahkan sahabat semua masuk ke cPanel di akun hosting sahabat dan ikuti instruksi berikut ini :
* Pertama, klik icon File Manager yang terletak di bawah kategori Files.

Upload file website via File Manager di cPanel

* Kedua, Setelah masuk ke File Manager, buka direktori public_html.

Upload website via File Manager di cPanel

* Ketiga, Klik Upload setelah masuk ke direktori public_html. Sahabat semua bisa klik “Select File” untuk memilih file satu per satu atau langsung drag-and-drop beberapa file ke area yang bergaris-garis.

Setting cpnael file manager upload website ke hosting

* Keempat, Setelah proses upload selesai, kembali ke File Manager dan sahabat akan melihat file arsip tadi sudah berada di direktori public_html. Klik kanan pada arsip dan pilih Extract untuk mengekstrak arsip. Jika sahabat diminta untuk menentukan dimana lokasi arsip harus diekstrak, isikan dengan /public_html.
* Kelima, Arsip selesai diekstrak, semua file sekarang sudah berada di dalam direktori public_html. Kembali ke public_html dan lihat file yang sudah berhasil dipindahkan. Website sahabat sekarang sudah berhasil sepenuhnya diupload dan bisa diakses melalui URL website sahabat. Sekarang, sahabat hanya perlu mengakses website sahabat dan cek apakah semuanya berjalan normal atau tidak. Ketik nama domain sahabat (contoh : http://www.domainsahabat.com/).
Congrastulation! Kini sahabat lupacode semua sudah belajar mengenai cara upload website. Seperti yang sahabat lihat, sahabat bisa mengupload banyak file dalam 1 waktu dengan aplikasi FTP, namun file tetap akan diupload 1 per 1 oleh sistem. Hasilnya, proses upload menjadi lebih lama. Sehingga, yang paling disarankan adalah agar sahabat mengkompres terlebih dahulu folder file website sahabat sebelum mengupload. Setelah berada di server, sahabat tinggal mengekstrak, dan ini jauh lebih cepat.

Di sisi lain, FIle Manager berguna untuk mengupload 1 atau 2 file secara cepat, karena sahabat tidak membutuhkan program terpisah untuk melakukannya. Sahabat juga bisa mengupdate website sahabat langsung, dengan cepat, sambil mengerjakan hal lainnya di control panel hosting sahabat semuanya.

Baiklah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai Cara upload website ke hosting. Semoga bermanfaat bagi sahabat lupacode yang saat ini baru saja belajar untuk upload hasil karya sahabat semua ke internet untuk dapat dilihat oleh banyak orang.

Sampai berjumpa kembali pada postingan atau materi tutorial dari lupacode yang selanjutnya, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lupacode untuk mendapatkan update materi terbaru setiap harinya secara gratis kepada sahabat lupacode semuanya. Terimakasih telah berkunjung, happy coding !

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon