Selasa, 01 Agustus 2017

Menginstall Vesta Control Panel di VPS Centos

Cara Instal Vesta Control Panel di VPS Centos - Hallo sahabat lupacode semuanya, berjumpa kembali bersama saya admin dari blog lupacode – Tutorial pemrograman. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan dulu memberikan source code kepada sahabat semuanya, melainkan pada tutorial materi kali ini saya akan memberikan Cara Instal Vesta Control Panel di VPS Centos kepada sahabat semuanya. Menginstall Vesta Control Panel di VPS Centos dapat sahabat semua lakukan hanya dengan beberapa langkah saja, dan ini sangatlah mudah sekali untuk kita praktekan langsung.

Menginstall Vesta Control Panel di VPS Centos

Bagi sahabat lupacode yang saat ini sedang berniat untuk membangun sebuah hosting sendiri, yaitu dengan menyewa sebuah VPS ( Virtual Private Server ) untuk dijadikan sebuah web hosting. Dimana jika kita membangun sebuah hosting sendiri kita akan berkuasa atas segalanya, kita yang akan mengatur segalanya. Beda halnya dengan sahabat semua menyewa sebuah layanan web hosting yang sudah ditetapkan syarat dan ketentuan yang berlaku oleh masing – masing perusahaan yang menyediakannya.

Vesta Control Panel atau yang biasa disebut VestaCP, merupakan sebuah alternatif control panel hosting gratis pengganti zpanel atau lxadmin yang ringan dan sangat mudah digunakan. Kelebihan dari VestaCP ini adalah menggunakan NGINX sebagai webservernya, seperti yang kita tahu performa nginx jauh lebih cepat daripada apache sehingga sangat ringan bahkan untuk vps low end.
Baiklah berikut ini Bagaimana Menginstall Vesta Control Panel di VPS Centos :

Tahap pertama, silahkan sahabat semua untuk login terlebih dahulu ke terminal VPS sebagai root, silahkan sahabat semua gunakan software putty untuk dapat masuk kedalam terminal atau juga bisa menggunakan Bitvise, silahkan terserah yang penting sahabat semua login sebagai root.
Lalu kemudian silahkan masukkan perintah berikut ini, cukup copy saja script dibawah ini, dan paste kedalam Putty dengan cara klik kanan pada mouse kemudian silahkan tekan enter.

yum install nano

yum install wget

yum update

Kemudian yang kedua, silahkan download instalasinya dengan perintah berikut ini :

curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh

Selanjutnya yang ketiga, silahkan jalankan perintah install dengan script dibawah ini :

bash vst-install.sh


Perlu sahabat ketahui, untuk kategori installer Vesta Control Panel sendiri ada 4 macam, antara lain :
Micro – Untuk VPS Ram kurang dari 1 GB
Small – Untuk VPS Ram kurang dari 3 GB
Medium – Untuk VPS Ram kurang dari 7 GB
Large – Untuk VPS Ram lebih dari 7 GB
Kemudian silahkan sahabat semua tunggu proses instalasi nya sampai selesai, biasanya berkisar sekitar 10 – 15 Menit. Setelah semua nya selesai, silahkan sahabat semua dapat login kedalam Vesta Control Panel yang telah sahabat install, yaitu dengan cara melalui https://ip-vps-sahabat:8083 dengan menggunakan username : admin, dan password akan otomatis diinfokan pada halaman terminal ketika sahabat semua selesai menginstall. Jadi, silahkan sahabat semua catat dan simpan password yang diberikan untuk dapat login kedalam vesta control panel yang sudah sahabat semua install.
Lihat juga Materi Terpopular :
  1. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
  2. Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web
  3. Aplikasi Akuntansi dengan CodeIgniter
  4. Aplikasi SPK Metode Profile Matching
  5. E-Commerce Rainkids dengan codeigniter
  6. Sistem Informasi Alumni Berbasis Web

Bagaimana mudah bukan ?

Baik mungkin itulah tutorial dari saya untuk pembahasan mengenai cara menginstall vesta control panel di vps centos ...

Silahkan sahabat semua langsung praktekan saja tentang tutorial mengenai cara install dan setting vesta cp di vps centos ...

Mungkin untuk selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara install wordpress di vesta control panel secara lengkap dengan penjelasannya ..

Baiklah untuk materi kali ini saya rasa cukup sampai disini dulu, sampai berjumpa kembali didalam pembahasan materi dari lupacode yang berikutnya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kedalam web lupacode untuk belajar bersama dan mendapatkan materi tutorial terbaru setiap harinya.
Baiklah saya admin dari blog lupacode undur diri, terimakasih telah berkunjung. Selamat malam dan happy coding !

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon