Kamis, 03 Agustus 2017

Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung

Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung - Assalamualaikum sahabat lupacode semuanya dimanapun sekarang kalian sedang berada, senang rasanya saya masih dapat diberi kesempatan untuk berbagi kepada sahabat lupacode semuanya yang senantiasa menantikan update materi tutorial terbaru atau source code terbaru dari blog yang sangat sederhana ini yaitu Lupacode - Tutorial Pemrograman. Pada kesempatan sebelumnya saya telah membagikan sebuah source code kepada sahabat semuanya, dimana sahabat semua dapat secara bersama - sama mempelajari source code yang telah saya share kepada sahabat lupacode semuanya.

Cara Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung

Pada malam hari ini saya tidak akan membagikan sebuah source code seperti biasanya, melainkan saya ingin membuatka sebuah tutorial mengenai Cara Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung dengan tujuan agar bagi sahabat lupacode semuanya dapat secara mudah dalam melakukan pencetakan data secara langsung dengan menggunakan script php yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Ketika kita ingin mencetak data dengan menggunakan php secara langsung, biasanya kita akan mencetak teks dalam bentuk PDF yang dimuat dalam browser lalu diprint atau menggunakan javascript print window. Masalah terpecahkan memang tapi ada kalanya customer minta agar proses cetak data bisa dilakukan secara langsung atau direct print istilah nya seperti aplikasi penjualan yang dibuat dengan visual basic atau java misalnya.

Sebetulnya PHP juga support untuk fitur direct print hanya saja, kita butuh perjuangan agar fitur ini bisa digunakan jika kita menggunakan bahasa pemograman PHP.

Menginstall Extensi php printer Di OS Windows

PHP sudah menyediakan extensi yang bernama php_printer untuk menyelesaikan masalah ini, hanya saja extension ini tidak terinstall secara otomatis ketika sahabat semua menginstall PHP. Baik secara terpisah ataupun menggunakan Xampp, jadi sahabat semua harus menginstallnya secara manual.

Untuk menginstall library ini, silahkan download library php_printer dan silahkan pilih file yang sesuai dengan versi PHP yang sahabat saat ini sedang gunakan. Jika sudah, sekarang silahkan extract ke C:\xampp\php\ext

Kemudian kita akan mendaftarkan extensi ini agar dikenali oleh PHP, cara nya silahkan buka file php.ini yang ada pada folder C:\xampp\php\ dan tambahkan script berikut ini :

extension=php_printer.dll

Setelah itu, jangan lupa sahabat semua untuk menyimpannya, dan silahkan sahabat restart apache sahabat semua untuk mendapatkan perubahan, sekarang silahkan buka halaman phpinfo()


Cara Menginstall Extensi php printer Di OS Windows

Seperti yang terlihat bahwa sekarang extension php_printer sudah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya kita akan melakukan percobaan untuk print data secara langsung.

Script Cetak Data Secara Langsung Dengan PHP

sekarang kita akan membuats cript untuk mencetak data langsng ke printer ketika file ini dibuka, silahkan buat sebuah file baru dengan nama cetak_langsung.php dan tulis script berikut ini :

<?php
/* contoh text */  
$text = 'Eh, ini adalah testing aplikasi cetak teks langsung ke printer dengan PHP lhoo....';     
/* tulis dan buka koneksi ke printer */    
$printer = printer_open("EPSON L120 Series");  
/* write the text to the print job */  
printer_write($printer, $text);   
/* close the connection */ 
printer_close($printer);
?>

Script Cetak Data Secara Langsung Dengan PHP


Sekarang sahabat semuanya bisa mendapatkan informasi printer pada settingan devices and printer pada control panel, silahkan sesuaikan dengan printer yang ingin sahabat semua gunakan ketika mencetak data.

Selanjutnya silahkan sahabat semua buka web browser sahabat semuanya dan silahkan akses file tersebut, jika script yang sahabat semuanya tulis sudah benar maka seharusnya printer akan langsung mencetak data yang sahabat tulis tadi.

Menampilkan Daftar Printer Yang Terhubung Dengan Komputer

Sekarang misalnya dalam satu network jaringan memiliki beberapa printer yang akan digunakan misalnya ingin mencetak data ke printer devisi IT,  Devisi Keuangan dan sebagainya. kalau tadi kita langsung menetapkan printer yang akan digunakan maka sekarang kita akan menampilkan daftar printer yang terhubung lalu menampilkan nya untuk dipilih ketika akan mencetak data. silahkan buat sebuah file baru dengan nama display_printer.php dan tulislah script berikut :

<html>
    <head>
        <title>Menampilkan List Printer</title>
        <script src="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js"></script>
        <script type="text/javascript">
            function cetak(){
                var printer = $("#printer").val();
                $.ajax({
                    url : "cetak_langsung.php",
                    type: "POST",
                    data : "nama_printer="+printer,
                    success: function(data, textStatus, jqXHR)
                    {
                        alert('Data Sudah DIcetak Ke Printer : '+printer)
                    }
                });


            }
        </script>
    </head>
    <body>
        Silahkan Pilih Printer :
        <?php
        $getprt = printer_list(PRINTER_ENUM_LOCAL);
        $printers = serialize($getprt);
        $printers = unserialize($printers);
        //Menampilkan List Printer
        echo '<select name="printers" id="printer">';
        foreach ($printers as $PrintDest)
            echo "<option value='" . $PrintDest["NAME"] . "'>" . explode(",", $PrintDest["DESCRIPTION"])[1] . "</option>";
        echo '</select>';
        ?>
        <br>
        <button type="submit" onClick="cetak()">Cetak Data</button>
    </body>
</html>

Sekarang jika sudah, silahkan save untuk menyimpan perubahan, kemudian sekarang silahkan akses http://localhost/print/display_printer.php melalui web browser sahabat semua, maka akan tampil seperti yang saya screenshoot dibawah ini, untuk mencetak data sahabat semua bisa memilih list printer yang tersedia dan klik button cetak kemudia proses cetak data akan dilakukan secara direct dengan teknik ajax.

Menampilkan Daftar Printer Yang Terhubung Dengan Komputer
Sumber Referensi : Belajarphp.net
Baiklah mungkin itu saja mengenai Tutorial cara Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung. Semoga apa saya share kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya yang sedang membutuhkan informasi mengenai Cara Mencetak Data dengan PHP ke Printer Secara Langsung.

Sampai berjumpa kembali pada pembahasan materi tutorial selanjutnya yang akan selalu saya update untuk sahabat lupacode semuanya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kedalam blog Lupacode untuk mendapatkan materi yang menarik lainnya dan dapat bermanfaat bagi sahabat pada umumnya terutama bagi saya sebagai penulis pada khususnya.

Jika sahabat semua merasa artikel atau materi kali ini sangat bermanfaat bagi sahabat kita yang lainnya, silahkan sahabat semuanya dapat share langsung postingan materi kali ini pada button yang telah saya sediakan dibawah ini. terimakasih telah berkunjung, happy coding ! wassalamualaikum, wr, wb.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon