Selasa, 11 Juli 2017

Belajar PHP Untuk Pemula

     Assalamualaikum sahabat lupacode semuanya. Berjumpan lagi bersama saya admin dari blog lupacode ini, alhamdulilah udah beberapa hari ini saya agak rajin update artikel berupa postingan atau materi pada blog lupacode ini, dikarenakan banyak sekali dukungan support dari sahabat lupacode semuanya untuk saya selalu update materi setiap harinya. Kalau saya punya banyak waktu senggang pasti saya selalu menulis sebuah postingan pada blog ini, dikarenakan waktunya yang agak mepet jadi saya agak sering telat update artikel setiap harinya.
      Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lagi atau melanjutkan kembali materi pembahasan mengenai Bahasa Pemrograman php yang dimana saya hanya baru menuliskan satu buah postingan mengenai materi php pada blog ini yaitu Belajar PHP Dasar Pengertian Tag dan Variable Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Belajar PHP Untuk Pemula. Jadi bagi sahabat lupacode disini yang sama sekali belum pernah membuat website dengan php, maka kalian tidak perlu khawatir karna kita akan betul-betul belajar dari dasar mengenai php ini.

Cara Belajar PHP Untuk Pemula

     Baiklah sekarang kita akan mulai belajar mengenai php yang sangat dasar sekali. Sekarang pertanyaannya kenapa php ? kenapa kita belajar bahasa pemrograman web nya menggunakan php, kenapa tidak menggunakan bahasa pemrograman yang lain ? ada beberapa alasan kenapa kita belajar php untuk pemrograman web ini. Saya akan kasih 10 alasan kenapa kita harus belajar php berikut ini adalah beberapa alasan kita harus belajar php, mari kita lihat lagi :
1. Relatif Mudah Untuk Pemula
       Relatif mudah untuk dipelajari, khusunya untuk pemula. Kenapa saya bilang relatif mudah ? karena Bahasa php ini begitu simpeldan to the point. Dengan menuliskan beberapa baris saja kita sudah bisa melihat hasilnya kedalam web. Contohnya gini, misalkan saya punya dengan Bahasa pemrograman dengan Bahasa Java.
class Helloworld {                public static void main(String[] args) {                system.out.println("Hello World!");                }}
Kalian lihat didalam bahasa java kita harus menuliskan beberapa banyak hal, dan ini biasanya yang baru belajar java lumayan membingungkan. Tujuannya sebetulnya simpel hanya ingin menuliskan “Hello World” ke layar tapi kita harus menuliskan dulu seperti Class, public static void main, dan ini biasanya membingungkan.
Dengan menggunakan php kita hanya cukup menuliskan satu baris ini saja untuk menampilkan Hello word kedalam layar, nanti tulisan Hello Word nya muncul dilayar.
<?php
echo "Hello Word!";
?>

2. Pre-requisite HTML + CSS

      Untuk memahami php, yang kalian butuhkan itu cukup sebetulnya Html dan Css, bahkan sebetulnya html saja sudah cukup. Karna php dan html itu bisa bekerjasama dengan baik, jadi kalau misalkan kalian sudah pernah belajar Html itu sangat menguntungkan sekali ketika nanti kalian belajar php. Nah buat sahabat semua yang kebetulan belum pernah belajar Html dan Css, pada blog ini telah saya bahas mengenai materi keduanya yaitu Belajar Html Bagian 1 – 13 ini untuk html, sedangkan untuk materi pada seri css sudah saya bahas juga yaitu Belajar Css Dasar Bagian 1 – 10 jadi silahkan saya sarankan untuk kalian mempelajari terlebih dahulu mengenai html dan css yang telah saya bahas didalam blog ini. Oke jadi simpel aja untuk bisa php itu syaratnya kalian cukup menguasai HTML.

3. Gratis dan Open Source
      Yang ke-tiga kenapa kita belajar php ? karena php itu Gratis, ga perlu beli, ga perlu beli lisensinya dan php juga Open source. Jadi kalian cukup mengunjungi websitenya www.php.net/downloads.php untuk melakukan download dan instalasi di sistem operasi kalian masing-masing. Tapi kalian ga usah khawatir, gimana sih cara nginstal php dimesin kalian masing-masing karna nanti saya akan buatkan tutoria khusus mengenai cara menginstal php pada komputer sendiri.

4. Dukungan Komunitas
       Selanjutnya yang ke-empat dukungan komunitas dari php itu besar sekali, jadi komunitasnya itu besar sekali. Kalau kalian cari menggunakan google, keyword nya php sekitar 9.300.000.000 hasilnya di google, ini karena saking sudah banyaknya orang menulis artikel tentang php.
      Atau jika kalian kunjungi Stack Overflow sudah pada tau kan stack Overflow itu googlenya untuk para programmer, nah didalamnya artikel atau pertanyaan mengenai php itu ada sekitar 1 juta, jadi banyak banget. Jadi kayanya kalau kalian kesulitan di php ini, maka cari solusinya gak susah, dan kalau di Indonesia itu ada yang namanya Komunitas PHP Indonesia  nanti kalian bisa search saja di facebook groupnya php indonesia, dan itu membernya banyak banget yah ada sampai 145rb++ membernya. Jadi kalau kalian kesulitan atau kalian punya pertanyaan mengenai php silahkan kalian tinggal kunjungi aja group komunitasnya.

5. Dokumentasi yang Lengkap
      Alasan yang ke-lima kenapa kita harus belajar php itu dokumentasinya yang lengkap banget. Bahkan sebetulnya kalian gaperlu mencari – cari tutorial, karena pada website resminya aja http://php.net/manual/en/ disitu dokumentasinya saja sudah cukup lengkap. Jadi silahkan saja kalian coba kunjungi website resminya, dan ini menurut saya merupakan salah satu Bahasa pemrograman yang dokumentasinya lengkap banget.

6. PHP Dibuat Khusus untuk Web
       Selanjutnya yang ke-enam yaitu php itu adalah sebuah bahasa pemrograman yang memang dibuat  khusus untuk membuat web. Jadi memang diciptakan untuk membuat website, karena bebrapa bahasa pemrograman yang lain yang awalnya dibuat untuk desktop tapi bisa juga untuk web seperti Java.

7. Kebanyakan Website yang Ada Saat ini dibuat dengan Menggunakan PHP
     Selanjutnya yang ke-tujuh itu saat ini kebanyakan website yang ada di internet itu dibuatnya menggunakan php. Jadi bisa dibilang php ini adalah Bahasa pemrograman yang sangat populer, karena menurut survei dari https://w3techs.com katanya website yang menggunakan php itu ada sekitar 82.6% jadi banyak banget yang saat ini website menggunakan php.

8. Banyak Website Besar dibuat dengan PHP
       Selanjutnya yang ke-delapan saat ini banyak website besar yang dibuat dengan menggunakan php setidaknya awalnya dibikin dengan menggunakan php, seperti website berikut ini contohnya :
  • Facebook => Website yang sebesar ini sampai saat ini sebenarnya didalamnya masih terdapat php, walaupun facebook sekarang sudah menggunakan bahasa sendiri, tapi awalnya itu dibuat dengan menggunakan php.
  • Yahooo
  • Wikipedia
  • Flickr

Nah jadi contoh website besar diatas dibuat dengan menggunakan php, jadi bisa sangat powerfull sekali php itu.

9. Content Management System yang Menggunakan PHP
        Selanjutnya yang ke-sembilan banyak CMS yang bagus atau Content Management System yang menggunakan php pada pembuatannya. Contohnya,

     Nah ini adalah Content Management System, yang dibuat dengan menggunakan php. Memang yang namanya content management system itu untuk mempermudah user atau developer nya dalam membuat website sehingga bahkan kalau kita ga ngerti banget php pun, masih bisa membuat website dengan menggunakan cms ini, tapi akan lebih menguntungkan ketika kita paham mengenai php, sehingga jika kita nanti mau memodifikasi, mau membuat plugin, jadi sangat mudah.

10. Framework PHP
     Alasan yang terakhir yang ke-sepuluh yaitu saat ini banyak framework php yang bagus – bagus yang bisa kalian pergunakan untuk mempermudah kalian dalam membuat website. Contohnya php itu punya framework yang namanya

    Jadi ini semua framework atau kerangka kerja yang dibuat dengan menggunakan php, dan biasanya saat ini banyak sekali perusahaan – perusahaan yang membutuhkan programmer php yang menguasai salah satu dari framework ini. Jadi dengan kalian menguasai bahasa php itu akan membuat kalian lebih mudah untuk mempelajari mengenai framewrok ini.

     Baiklah itu tadi 10 Alasan kenapa kita harus belajar php, mudah-mudahan membuat kalian menjadi semakin yakin lagi untuk belajar php. Kalau misalkan ada orang yang bilang, “wah php itu lambat, php itu ga aman, codenya ga rapih” ga usah didengerin, kalian yakin saja dengan 10 alasan yang telah saya sebutkan diatas, karna dengan menggunakan php kita bisa juga mebuat webiste yang keren.

    Baiklah itu tadi pembahasan dari saya mengenai seri pada materi php kali ini, semoga saya bisa melanjutkan materi – materi selanjutnya mengenai php ini. Karna akan banyak banget yang akan kita bahas nantinya pada materi php ini, maka dari itu kunjungi terus blog lupacode ini untu mendapatkan update materi terbaru yang akan saya share pada pertemuan selanjutnya. Tak terasa saya menulis sudah hampir 2 jam, lumayan pegel ternnyata hehe.. saya cukupkan dulu sampai disini, sampai berjumpa kembali pada materi selanjutnya bersama saya admin dari blog lupacode , terimakasih telah berkunjung. Happy coding J wassalamualaikum wr, wb.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon