Rabu, 19 April 2017

Tutorial Sublime Text 3 – #7 Go To Anything

         Assalamualaikum Wr. Wb... Hai – hai man-teman sahabat lupacode, selamat datang kembali diblog lupacode – Tutorial Pemrograman Dalam pembahasan meteri kemarin kita telah belajar mengenai sublime text, dan pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai Tutorial Sublime Text 3 – #6Command Palette bagi sahabat lupacode yang kebetulan baru saja mampir ke dalam blog ini, silahkan dipelajari dulu materi – materi yang sebelumnya dari pembahasan yang pertama. Karna didalam setiap materi pembahasan disini itu saling berhubungan antara materi sebelumnya dan materi selanjutnya. Atau sahabat dan teman – teman lupacode dapat langsung menuju pada halaman Daftar Isi disana seluruh pembahasan dari mulai materi yang pertama sampai dengan materi yang saat ini kita bahas tersedia disana.


       Pada pembahasan materi kali ini adalah merupakan pembahasan lanjutan dari materi pembahasan sebelumnya, dimana yang akan kita pelajari kali ini adalah membahas mengenai fitur yang dimiliki oleh sublime text 3 ini. Fitur yang akan kita bahas kali ini merupakan fitur yang sangat keren sekali menurut saya yang diberikan oleh sublime text ini, dimana pada materi sebelumnya pada halaman website sublime text yaitu www.sublimetext.com disana ada yang disebut dengan Go To Anything.
      Didalam halaman website sublime text di jelaskan disana bahawa apa saja yang user sukai dengan sublime text ? yang pertama disana ada Go to anything, kemudian ada Multiple Selection, Command Palette dan yang lainnya. Untuk multiple selection dan command palette telah kita bahas pada materi sebelumnya, dan kalian bisa lihat pada daftar isi didalam blog ini untuk melihatnya dan silahkan kalia pelajari materi – materi tersebut. nah sekarang kita akan membahas mengenai go to anything. Apa sih go to anything itu ? fasilitas go to anything ini keren banget, memungkinkan kita  untuk berpindah – pindah antar file dengan sangat cepat, langsung saja kita akan mencobanya
       Dalam contoh go anything ini saya akan memberikan contoh seperti ini, ceritanya saya sedang mengerjakan sebuah project website dengan menggunakan frame work codeigniter dan editornya menggunakan sublime text, untuk codeigniternya kita tidak akan bahas disini, mungkin insyallah untuk meteri selanjutnya akan kita bahas secara terpisah saja. ini hanya merupakan cntoh dari yang disebut dengan go to anything tadi yah.
      Yang kedua yang akan saya lakukann adalah memasukan folder web project saya ke dalam sublime text dengan cara men drag folder tersebut ke dalam area kerja sublime text atau kalian mau menggunakan cara yang lain juga bebas yah, nah kalian juga bisa ikuti contoh seperti saya jika kalian mempunyai sebuah source code apa saja dan ingat ini hanya sebagai contoh saja untuk melakukan go to anything.

Setelah folder web project nya masuk ke dalam sublime text ini, tampilannya adalah seperti ini,


        Disana kita lihat bahwa disebelah kanan didalam sidebar saya sudah ada folder yang bernama codeigniter dan itu adalah sebuah project yang sedang saya kerjakan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web contohnya. Biasanya jika kita menggunakan menggunakan frame work codeigniter kita hanya berpindah – pindah dari 3 folder utama yang sering kita gunakan. Yang pertama ada folder Controller, kemudian ada foder Models, dan terakhir ada folder Views. Ketiga folder tersebut akan sering kita buka jika kita menggunakan framework codeigniter. Fungsi dari go to anything adalah untuk beroindah pindah dari file yang satu dengan file yang lainnya secara cepat.
     Misalkan didalam folder Controller, models dan views terdapat tiga buah file yang sudah saya buat, sekarang kita panggil dulu go anything nya dengan menekan shortcut CTRL + P nah perlu kalian ingat bahwa pada materi sebelumnya yaitu mengenai command palette shortcut untuk memanggil command palette itu adalah CTRL + SHIFT + P sedangkan kalau shortcut untuk memanggil Go to anything adalah CTRL + P dan tampilan Go to anything ini sama dengan tampilan command seperti ini


     Contohnya misalkan saya mempunyai sebuah file didalam controller yang bernama anggota.php jika saya ingin membuka file itu saya tidak perlu masuk ke sidebar lalu klik foder controller kemudian pilih file anggota.php nah didalam sublime text ada cara mudah untuk melakukan itu yaitu dengan menggunakan sebuah fasilitas yang bernama Go to anything. Jadi jika saya ingin membuka file yang bernama anggota.php didalam foder controller saya hanya perlu menekan CTRL + P untuk membuka ffasilitas goto anything nya terlebih dahulu. saya hanya perlu tuliskan controller/anggota pada searcing go to anything dan secara otomatis akan langsung masuk kedalam file anggota yang berada didalam folder controller.
    Selanjutnya misalkan saya ingin mempunya nama file index.php yang berada didalam folder views, maka saya tekan CTRL + P untuk memanggil go to anything nya terlebih dahulu kemudian saya tuliskan views/index maka secara otomatis akan masuk kedalam file index yang berada didalam folder viws.
       Misalkan saya mau ingin membuka file css nya, dan saya sudah tau nama file css nya misalkan style.css maka saya hanya perlu tekan CTRL + P  kemudian saya ketikan style.css maka secara otomastis akan masuk kedalam halam css nya. Begitupun untuk javascript nya sama saja. intinya kita sudah tau dulu nama-nama file yang sedang kita kerjakan tersebut.

       Hal seperti ini sangat membantu saya dalam pengerjaan project saya dengan menggunakan editor sublime text ini. Silahkan temen – temen praktekan sendiri untuk mencobanya dan silahkan coba – coba saja sendiri bereksperimen sendiri.
     Selanjutnya misalkan didalam folder controller saya mempunyai sebuah file controller yang bernama anggota.php seperti yang saya telah panggil didalam contoh diatas. Nah didalam file anggota.php ini sudah kurang lebih terdapat sekitar 125 baris dan didalam nya terdapat function yang telah saya buat. Ada funtcion construct, index, tambah, hapus edit dll. Ini hanya sedikit sekali, kebayang kalau misalkan function didalam nya sangat banyak sekali sekali, tentunya kita harus scroll kebawah untuk mencari function yang kita cari dan itun akan memakan banyakn waktu


       Misalkan didalam file anggota.php diatas saya ingin mencari function delete untuk merubah script nya. Maka saya hanya pelu tekan CTRL + P untuk memanggil go to anything nya dulu, kemudian untuk mencari function kita hanya perlu tuliskan tanda @ dan kita sudah bisa milih function yang terdapat didalam file tersebut


       Gimana cuup cepat dan membantu bukan ? dalam css pun juga sama jika kita ingin mencari sebuah selector didalam file css tersebut maka kita tinggla tekan CTRL + P kemudian kita tulis @ maka nama selector nya akan langsung muncul


        Jadi dengan menggunakan fasilitas bantuan Go To Anything yang dimiliki oleh sublime text kita telah dibantu untuk mempermudah pengerjaan web project kita, dan kita bisa berpindah – pindah dari file yang satu kedalam file yang lainnya dengan sangat cepat dan kita juga bisa berpindah atau meloncat ke dalam method atau function yang ada didalamnya dengan cepat juga. Seperti itu untuk kegunaan fasilitas go to anything.
        Jadi ini fasilitas yang cukup keren, silahkan digunakan dan mungkin awalnya juga ribet apalagi kalian tidak buka sider yang biasanya kalian navigasinya pakai sidebar. Tapi lama-lama saya yakin kalau kalian terus menggunakan ini apalagi kalau kalian pakai framework atau pakai library nantinya yang mengharuskan kalian berpindah – pindah antara satu file dengan file lain saya yakin ini pasti membantu.

       Sampai disisni dulu untuk pembahasan mengenai go to anything selanjutnya kita akan membahas masih mengenai sublime text 3
TutorialSublime Text 3 – #8 Package Control

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon