Selasa, 18 April 2017

Tutorial Sublime Text 3 – #5 Editing (Bagian 2)

       Assalamualaikum Wr. Wb. Hai – hai man-teman sahabat lupacode, selamat datang kembali diblog lupacode – Tutorial Pemrograman. Dalam pembahasan meteri kemarin kita telah belajar mengenai sublime text, dan pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai 
Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1)
         Bagi sahabat lupacode yang kebetulan baru saja mampir ke dalam blog ini, silahkan dipelajari dulu materi – materi yang sebelumnya dari pembahasan yang pertama. Karna didalam setiap materi pembahasan disini itu saling berhubungan antara materi sebelumnya dan materi selanjutnya. Atau sahabat dan teman – teman lupacode dapat langsung menuju pada halaman DaftarIsi disana seluruh pembahasan dari mulai materi yang pertama sampai dengan materi yang saat ini kita bahas tersedia disana.

Tutorial Sublime Text 3 – #5 Editing (Bagian 2)

       Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai tutorial sublime text 3 dimana sebelumnya kita telah membahas secara singkat mengenai editing (Bagian 1) kemudian saya akan melanjutkan tutorial bagian 2 nya pada pembahasan  materi kali ini. Selanjutnya kita akan coba mempermudah kalian dalam melakukan copy, paste, cut dan lain sebagainya pada sublime text ini.
       Sebagai contoh saya mempunyai sebuah file latihan yang kemarin, dimana didalmnya ada beberapa baris script php. Kalian jangan perdulikan script nya karna itu hanya sebagai contoh saja. isi filenya adalah seperti ini
 
<?php
mysqli_connect($tekan alt+f3
     ['host'], $tekan alt+f3
     ['username'], $tekan alt+f3
     ['password']);
    }
 ?>

       Nah ceritanya saya ingin mengetik ulang ke-empat baris variabel $nim, $nama, $alamat, $umur diatas dengan caranya sublime text. Sebetulnya jika kalian cepat mengetiknya tentu ini bukan suatu masalah, kalian hanya tinggal mengetik ulang saja ke empat baris tersebut dengan cepat. Tetapi jika kemampuan mengetik kita masih terbilang cukup lamban, maka akan memakan banyak waktu untuk melakukan semua itu. Atau kalian bisa saja copy satu baris variable diatas lalu kalian ganti satu persatu nama variabel yang akan kalian tulis kembali, tapi dengan cara ini pun masih terbilang cukup lama.
     Nah bagaimana kalau kita gunakan teknik nya si sublime text ini. Caranya yang pertama kalian mau ga mau harus tulis dulu baris pertama yang akan kalian tulis kembali. Kita tulis dulu baris pertamanya
$nrp = $Post[“nrp”];
Sekarang kalian tinggal pilih barisnya yang akan kita duplikat, lalu letakan kursor diantara kata baris tersebut, kemudian kalian cukup tekan CTRL + SHIFT + D maka otomatis baris yang pertama akan terduplikat. Kalau kalian tekan CTRL + D itu akan menyeleksi kata yang ingin kita ganti, seperti pada tutorial materi sebelumnya pada bagian 1. Tapi kalau kalian tekan CTRL + SHIFT + D maka baris yang pertama yang akan terduplikat. Kalian dapat langsung mencobanya sendiri, praktekan agar nanti kalian tidak cepat lupa.

        Kalau kita membutuhkan empat baris berarti kita hanya perlu mengetikan CTRL + SHIFT + D sebanyak tiga kali, nah jika kita ingin menghilangkan baris kita hanya perlu menekan CTRL + SHIFT + K jadi itu fungsinya untuk menghilangkan baris yang telah kita duplikat tadi. Jadi sekali lagi fungsi dari CTRL + SHIFT + K ini adalah untuk mendelete satu baris.
Sekarang jika saya sudah selesai menulis ke empat baris tersebut seperti ini

$nim = $Post["nim"];
$nama = $Post["nama"];
$umur = $Post["umur"];
$alamat = $Post["alamat"];

         Kemudian saya lupa, atau ketukar urutannya, harusnya $nim, $nama, $alamat, dan $umur. Tapi saya malah ketukar nulisnya seperti diatas, kalau kita menggunakan cara lama, maka kita tinggal cut saja baris yang kita ingin pindahkan urutannya lalu kemudian tinggal paste saja. namun itu bukan caranya sublime text, itu adalah cara lama dan sublime text mempunyai caranya sendiri.
         Contohnya saya akan memindahkan baris yang terakhir $alamat ke atas, sesudah variabel $nama, karna saya emang ketuker atau lupa ceritanya. Maka kita hanya tinggal ketikan saja CTRL + SHIFT ATAS/BAWAH maka barisnya akan otomatis naik ke atas jika kita menekan CTRL + SHIFT ATAS kita tekan CTRL + SHIFT ATAS lagi, maka barisnya akan naik lagi ke atas dan begitu seterusnya. Kemudian jika kita menekan CTRL + SHIFT BAWAH maka barisnya akan turun ke bawah dan seperti itu seterusnya, atas/bawah itu tanda panah keatas atau tanda panah kebawah
          Baiklah itu tadi beberapa short cut bantuan untuk kalian agar dapat lebih cepat lagi ngodingnya, sekarang yang terakhir bagaimana caranya misalkan saya mempunyai sebuah file html dan script nya itu belum rapi, seperti ini

Tutorial Sublime Text 3 – #5 Editing (Bagian 2) 1

           Saya ingin merapihkan script di atas menjadi rata kiri, jadi tidak acak-acakan seperti itu. Kalau kita rapihkan satu-satu script diatas wah bakalan lama sekali yah cukup memakan waktu yang tidak sebentar. Nah sublime text juga mempunya cara untuk itu, kita hanya perlu menyorot baris mana yang akan kita rapihkan, kemudian kita cukup menekan SHIFT + TAB maka barisnya atau scriptnya semua akan berpindah kekiri. Tapi jika kita menekan TAB saja makan barisnya akan bergeser ke kanan, jadi SHIFT + TAB itu untuk bergeser ke kiri sedangkan untuk TAB itu untuk bergeser ke kanan.
           Baiklah itu tadi beberapa short cut yang telah kita bahas, sebetulnya masih banyak lagi shortcut lainya yang masih belum saya bahas disini.kalian bisa pelajari sendiri beberapa shortcut bantuan yang diberikan oleh sublime text dan kalian dapat masuk ke menu edit dan kalian bisa lihat disana shortcut nya lalu kalian pelajari kira-kira shorcut ini fungsinya buat apa, kemudian shortcut itu fungsinya buat apa, kalian tinggal praktekan saja. lalu pada menu Selection kemudian pada menu Find juga ada. Kalian tinggal coba-coba lakukan sendiri dan lihat hasilnya.
          Baiklah mungkin sampai disini dulu dan jangan lupa kalian coba – coba sendiri untuk mempraktekannya. Mungkin kalau untuk awal – awal ribet lah, susah, terus tangannya juga belum biasa tetapi lama – lama saya yakin ngodingnya akan jauh lebih cepat apalagi pada dasarnya kalian ngetiknya emang sudah cepat.

       Semoga pembahasan materi kali dan pembahasan materi – materi atau tutorial pembelajaran ini dapat membantu temen – temen semua dalam pengerjaan ngodingnya agar lebih jagoan menggunakan sublime text 3 ini.
        Oke baiklah mungkin itu saja untuk pembahasan materi mengenai editing bagian 2 ini, jika ada waktu yang cukup saya akan menambahkan lagi untuk pembahasan mengenai shortcut – shortcut yang telah disediakan oleh sulime text ini. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Command Palette pada materi selanjutnya yaitu 
Tutorial Sublime Text 3 – #6 Command Palette

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon