Senin, 17 April 2017

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1)

      Assalamualaikum Wr. Wb. Hai – hai man-teman sahabat lupacode, selamat datang kembali diblog lupacode – Tutorial Pemrograman. Dalam pembahasan meteri kemarin kita telah belajar mengenai sublime text, dan pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai Tutorial Sublime Text3 – #3 konfigurasi bagi sahabat lupacode yang kebetulan baru saja mampir ke dalam blog ini, silahkan dipelajari dulu materi – materi yang sebelumnya dari pembahasan yang pertama. Karna didalam setiap materi pembahasan disini itu saling berhubungan antara materi sebelumnya dan materi selanjutnya. Atau sahabat dan teman – teman lupacode dapat langsung menuju pada halaman Daftar Isi disana seluruh pembahasan dari mulai materi yang pertama sampai dengan materi yang saat ini kita bahas tersedia disana.

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1)

        Oke baik masih diblog lupacode dan masih bersama saya Resha Alviana selaku admin dari blog lupacode ini. Baiklah masih dalam materi sublime text yang akan membuat kalian jagoan menggunakan sublime text. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang cukup penting yaitu mengenai editing dari source code yang kalian punya. Terserah kalian mau source code nya bahasa pemrograman apa, mau css, html, php atau javascript juga. Dengan mengetahui teknik – teknik yang akan saya jelaskan pada materi kali ini, harapannya adalah kecepatan coding kalian akan jauh lebih bertambah.
        Dalam latihan kali ini saya sudah mempersiapkan sebuah folder yang didalam nya terdapat file – file yang berbeda bahasanya, ada html, css, php dan javascript ini hanya untuk menunjukan beda-beda bahasanya. Yang pertama yang akan saya tunjukan adalah bagaimana memberi komentar pada tiap-tiap bahasa pemrograman. Mungkin kalian tau setiap bahasa pemrograman itu mempunyai syntak untuk komentar nya sendiri – sendiri dan biasanya komentar itu digunakan untuk menjelaskan apa arti atau maksud dari setiap baris kode yang kalian punya.
       Jadi biasakan kalau kalian ngoding pake komentar, supaya jika kalian buka lagi dalam waktu lain misalkan minggu depan, bulan depan atau semester depan kalian bisa ngerti baris baris kode yang telah kalian berikan komentar sebelumnya. Atau misalkan kalian bekerjanya kolaburatif dalam satu tim misalnya, kalian minimal bisa membantu teman satu tim kalian untuk memahami kode yang kalian buat dengan menggunakan komentar.
       Dengan menggunakan sublime text hal ini sangat dimudahkan, semua bahasa pemrograman ini, untuk shortcut nya sama. Caranya adalah dengan menggunakan tombol atau shortcut CTRL + / maka akan langsung dibuatkan tag komentar oleh sublime text nya.
< CTRL + / >
PHP =  // ini adalah komentar
Html = <!-- ini adalah komentar -->
CSS = /* ini adalah komentar */
JS = // ini adalah komentar
Lalu fungsi komentar selanjutnya adalah untuk menonaktifkan sebuah script agar tidak dibaca atau tidak di eksekusi, misalkan saya ingin menonaktifkan script ini maka
// $this->form_validation->set_rules('title','required');
Script diatas tidak akan di eksekusi oleh php, karna di anggap komentar. Didalam sublime text kalian hanya perlu menaruh kursor mouse didepan script yang ingin kalian nonaktifkan, kemudian menggunakan CTRL + / untuk menonaktifkan script atau untuk membuat komentar. Kalian juga bisa dengan menyorot atau memblok terlebih dahulu script yang ingin kalian nonaktifkan lalu tekan CTRL + / untuk bahasa pemrograman lain juga sama hanya cukup menekan CTRL + / kemudian jika kita tekan CTRL + / lagi maka dia akan kembali di aktifkan atau dihapus lagi tag komentarnya.
       Baiklah selanjutnya saya mempunyai satu buah folder latihan2 yang mana didalamnya terdapat 3 file bahasa pemrograman. Salah satu file php nya adalah seperti ini source code nya, jangan perhatikan source code nya, karna itu saya tulis sembarang saja

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1)

        Pada source diatas saya mempunyai variable config $config yang mana dipanggil dalam bebrapa tempat dibawah nya. Jadi yang akan saya tunjukan sekarang adalah mengenai multiple kursor. Pada sublime text kalian dapat menggunakan multiple kursor atau lebih dari satu kursor. Cara menggunakan nya adalah dengan menekan tombol CTRL. Contohnya saya tempat kan kursor pada baris pertama, lalu saya tekan CTRL dan tahan jangan dulu dilepas, saya klik lagi kursornya pada baris kedua, maka otomatis kursornya sekarang ada dua, jika saya klik lagi pada baris ketiga maka kursornya bertambah menjadi tiga, coba kalian praktekan sendiri.
      Artinya apa kalau sekarang kursornya ada 3, 4 atau lebih ? kalau saya menuliskan sesuatu maka dia akan menuliskan di ketiga tempat yang saya pilih

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) 1

        Kemudian kalau saya hapus maka dia akan menghapus ketiga – tiga nya. Ya jadi itu maksud dari multiple kursor, dan itu digunakan jika kalian ingin mengedit beberapa tempat sekaligus. Misalnya saya ingin mengganti nama variabe $config menjadi variable $data seperti ini

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) 2

        Sekarang ada cara yang lebih keren lagi yang dimiliki oleh sublime text untuk melakukan itu, misalnya sekarang saya ingin mengganti nama $data menjadi variable $jumlah, caranya yaitu kita cukup menaruh kursor disalah satu kata yang ingin kita ganti, misalnya saya menaruh kursor diantara kata $data (karna data itu yang ingin saya ganti menjadi jumlah) lalu kalian cukup tekan CTRL + D maka secara otomatis sublime text akan menyeleksi semua kata $data yang saya pilih.

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) 3

      Kemudian kita tinggal menekan CTRL + D lagi sampai semuanya terseleksi. Jika sudah terseleksi semua maka kita tinggal mengganti sesuai dengan keinginan kita.

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) 4

        Bagaimana jika variable $data nya ada 100, berarti cape juga kita harus terus CTRL + D sampai 100, nah ada lagi cara yang lebih kerennya. Jika kalian ingin mengganti seluruh kata misalnya saya akan ganti seluruh variable $data, kalian hanya cukup menaruh kursor disalah satu kata yang ingin kalia ganti kemudian tekan ALT + F3 maka secara otomatis seluruh kata itu akan langsung terseleksi dan kalian tinggal langsung menggantinya.

Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) 5

      Ingat yah jadi untuk menseleksi atau ingin memilih seluruh kata yang sama dan ingin kalian ganti, jadi kalian hanya perlu menempatkan kursornya diantara salah satu kata yang akan kalian ganti, kemudian tekan ALT + F3 giman keren bukan ? hehe
      Oke semoga pembahasan materi kali ini dapat menambah ilmu atau pengetahuan kita mengenai sublime text, dan semoga dapat membantu kalian agar lebih cepat lagi ngodingnya jika kalian sudah tau teknik – teknik yang dimiliki editor keren yang satu yaitu sublime text 3.

Pelajari Materi Sebelumnya Yuk :

     Baiklah sampai disini dulu untuk pembahasan materi Tutorial Sublime Text 3 – #4 Editing (Bagian 1) kemudian selanjutnya kita akan masuk kedalam seri yang berbeda dulu yaitu mengenai seri PHP dimana itu adalah materi pertama didalam seri php yaitu

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon