Minggu, 16 April 2017

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi

    Assalamualaikum Wr. Wb. Hai – hai man-teman sahabat lupacode, selamat datang kembali diblog lupacode – Tutorial Pemrograman. Dalam pembahasan meteri kemarin kita telah belajar mengenai sublime text, dan pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai 
     Bagi sahabat lupacode yang kebetulan baru saja mampir ke dalam blog ini, silahkan dipelajari dulu materi – materi yang sebelumnya dari pembahasan yang pertama. Karna didalam setiap materi pembahasan disini itu saling berhubungan antara materi sebelumnya dan materi selanjutnya. Atau sahabat dan teman – teman lupacode dapat langsung menuju pada halaman Daftar Isi disana seluruh pembahasan dari mulai materi yang pertama sampai dengan materi yang saat ini kita bahas tersedia disana.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi

       Kemarin kita sudah mulai membahas mengenai sublime text 3 secara singkat, dan pada materi kali ini kita akan mulai melakukan konfigurasi pada sublime text 3 ini. Didalam area kerja sublime text 3 terdapat beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh code editor lain, yaitu salah satu nya pada ukuran font didalam area kerja sublime text, kita dapat mengatur besar atau kecil nya font yang akan kita gunakan didalam area kerja tersebut, contohnya saya terbiasa menggunakan font yang ukuran agak lebih besar, dibandingkan dengan font yang ukuran nya sangat kecil dan membuat saya menjadi kurang terlihat. Teman – teman dapat mengatur nya dengan menekan CTRL + PLUS/MINUS ukuran font hurufnya dapat temen-temen sesuaikan tegantung selera masing – masing.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi

        Jadi sublime text ini mempunyai fasilitas untuk memperbesar dan memperkecil tulisan dengan menekan tombol CTRL + Plus (Untuk memperbesar tulisan) dan CTRL + Minus (Untuk memperkecil tulisan) lalu saya akan coba customisasi juga hal lain. Sublime text itu punya yang namanya skema warna atau color scheme. Jadi kalian bisa ke menu Preferences -> Color Scheme nah color scheme ini untuk mengganti tema dari warna yang ada didalam sublime text. Default warna background dari sublime text ini warnanya adalah hitam, tulisan HTML nya merah, Atributnya hijau, dan value nya kuning. Kalau kalian engga suka dengan tema itu atau engga cocok, kalian dapat merubahnya dengan cara klik menu preferences -> Color scheme dan kalian tinggal pilih aja yang cocok dengan selera kalian masing-masing.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 1

      Misalnya saya pilih yang solarized (Light) Maka area kerja saya akan berubah menjadi terang, tag tag html nya pun akan ikut berubah mengikuti color scheme itu, jadi kalian tinggal pilih saja yang cocok dengan keinginan kalian.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 2

      Perubahan yang kalian lakukan disimpan oleh si sublime text itu ke dalam setting, jadi kalau kalian klik preferences dan kalian bisa lihat setting nya ada 3 buah, yaitu ada setting, lalu setting – syntax spesifik dan kemudian ada setting – distraction free. Kalau kalian klik setting maka itu akan membuka file sublime text dimana dia menyimpan setting default nya.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 3

       Jika kalian lihat font size defaultnya adalah 10, dan kita bisa ganti sesuai dengan keiginan kita sendiri. Kalau kalian ingin merubah setting default yang lain, kalian tinggal pilih saja settingan mana yang akan kalian rubah settingan defaultnya. Kalau saya biasanya suka merubah settingan default itu yang namanya line_padding_top  dan line_padding_buttom kalian dapat menggantinya dengan masuk ke menu preferences -> setting – syntax specific

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 4

    Jika kalian ingin merubahnya, pertama – tama kalian copy kan terlebih dahulu tulisan line_padding_top dan line_padding_buttom nya kedalam jendela sublime yang sebelah kanan. Lalu sekarang kalian masukan angka berapa yang akan kalian masukan untuk merubahnya. Seperti ini contohnya, misalkan saya akan merubah nya dari yang asalnya 0 menjadi 10 seperti ini

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 5

       Maka kalian dapat lihar hasilnya sekarang, jarak antar baris dengan jarak antar kata didalam area kerja kerja sublime text nya itu akan berubah sesuai dengan yang kita rubah nilainya.

Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi 6


       Kalian dapat merubah settingan default itu sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Kalau saya senang memberi line padding karna coding kita terlihat lebih leluasa, jadi ada ruang untuk bernafas code itu, engga sumpek yah hehe.
      Oke jadi itu begitu yah, kalian dapat melihat konfigurasi defaultnya dan apa saja disitu yang dapat kalian customisasi sendiri sesuai dengan keinginan kita masing – masing. Kalau ada yang kalian ingin rubah tinggal copykan saja ke dalam jendela sublime yang sebelah kirinya yah, saya harap kalian mengerti maksud saya.
      Oke baiklah sampai sini dulu untuk konfigurasi pada sublime text nya, kalian bisa coba-coba kembangkan sendiri yah, yang pada intinya jangan takut salah, karna suatu kesalahan itu wajar ada adanya dan saya pun begitu, tapi jangan sering-sering juga bikin salahnya yah hehe. Sampai bertemu lagi di dalam pembahasan materi kita yang selanjutnya dan kita masih akan membahas mengenai sublime text 3 ini, dengan tujuan agar kalian dapat lebih jago lagi menggunakan aplikasi code editor yang satu ini, supaya nanti diharapkan agar dapat membantu kita agar lebih cepat lagi ngodingnya. Jangan lupa kunjungi terus blog lupacode ini dan mari kita belajar ngoding sama-sama. Jika materi – materi didalam blog lupacode ini silahkan share kepada sahabat lupacode yang lain.
        Baiklah itu tadi pembahasan materi yang ke tiga ini yaitu mengenai Tutorial Sublime Text 3 – #3 Konfigurasi dan kemudian selanjutnya kita akan masuk kedalam pembahasan materi yang ke empat yaitu

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon