Kamis, 23 Maret 2017

Belajar HTML dan CSS Bagian 1 : Tutorial HTML & CSS Untuk Pemula

Tutorial HTML & CSS Untuk Pemula

      Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera sahabat – sahabat lupacoding dimana pun kalian berada. Semoga dalam keadaan sehat walafiat sahabat semua. Ijinkanlah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu sahabat lupacode semua. Saya adalah seorang pemula dalam bidang Programer dan saya berkeinginan untuk berbagi ilmu kepada sahabat lupacoding semua. Disini saya bukan menggurui tapi saya hanya ingin berbagi apa yang saya ketahui. Lho kenapa kok berbagi ? iyah saya hanya ingin mengamalkan ilmu yang saya punyai kepada sahabat lupacode semua. Dan sebaik-baiknya ilmu itu ialah ilmu yang sangat bermanfaat untuk orang lain. Semoga apa yang nanti saya bagikan dapat diterima dan dapat menjadi bahan pembelajaran bagi sahabat lupacode semua yang ingin belajar Bahasa Pemrograman.

Lupacode - Belajar html bagian 1

       Baiklah dalam artikel pertama ini Belajar HTML dan CSS Bagian 1 saya akan memperkenalkan terlebih dahulu apa itu HTML dan CSS. Dan bagaimana html dan css itu bisa bekerja. Ketika sahabat lupacode mengunjungi sebuah halaman website, mungkin sahabat akan melihat tampilan seperti ini

lupacode - tampilan web

      Ini adalah salah satu tampilan website yang lumrah yang dapat anda lihat di browser kesayangan milik anda. Halaman website seperti ini terdiri dari beberapa bagian mulai dari headernya, dan disana ada menu, body, dan disana ada artikel-artikel dan kemudian di paling bawah ada bagian footer dan disana biasanya terdapat  beberapa informasi contact tentang pemilik website tersebut.
      Apakah anda tahu halaman website seperti ini tersusun dari barisan-barisan code html & css dan struktur kode html adalah kurang lebih seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
             <title></title>
             <meta name="" content="">
             <script type="text/javascript"></script>
</head>
<body>

</body>
</html>

       Barisan code yang memiliki tag-tag html itu memiliki arti bagi browser sehingga nantinya browser itu akan mengenali dan akan menampilkannya menjadi sebuah halaman website yang utuh.
       Dalam pembahasan artikel Belajar HTML dan CSS Bagian 1 ini, kita akan membahas tentang pengenalan elemen – elemen dan tag-tag html yang dimana itu semua menjadi dasar pembuatan halaman website. Dan saya akan menjelaskannya bagaimana cara menggunakan css yang membuat tampilan website menjadi lebih berwarna dan lebih indah. Pastinya semua ini tidak akan anda ketahui secara konsep bila anda hanya menggunakan software-software seperti adobe dreamweaver ataupun tools yang lainnya, karna anda akan terbatas fitur semata nantinya. Padahal jika anda hanya menggunakan notepad saja, atau notepad++ maka anda sudah bisa membuat sebuah halaman website sekelas dengan wordpress.com facebook.com kaskus.co.id ataupun website-website berkelas lainnya.
        Syaratnya adalah anda harus mengetahui dulu seluk beluk css dan html yang akan saya jelaskan dan bahas di artikel saya selanjutnya. Jadi kunjungi terus blog lupacode ini sahabat lupacode semua J . Jika artikel ini bermanfaat silahkan sahabat lupacode share kepada sahabat lupacode yang lainnya. Baiklah dalam artikel pertama ini saya cukupkan sekian dulu, dan kita bertemu lagi di artikel selanjutnya yaitu Belajar HTML dan CSS Bagian 2

This Is The Oldest Page

2 komentar

Bener - bener dasar yah :) Thanks sudah berbagi ilmunya mas (y)

Iyah memang untuk dasar atau pemula saja :) Sama - sama mbak ;)

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon